Cara Membersihkan Sepatu Putih #diRumahAja
FUN REVIEW

Cara Membersihkan Sepatu Putih #diRumahAja

Nah, pada tulisan kali ini, saya akan membagikan cara membersihkan sepatu putih dan bisa dilakukan di rumah. Mengingat, saat tulisan ini kami terbitkan, masih berlangsung PPKM Darurat untuk wilayah Jawa-Bali.

Bagi pecinta sepatu putih atau dominan putih memang harus ekstra untuk perawatannya. Karena, ya, sepatu putih akan terlihat sangat jelas ketika kotor bahkan meski sedikit.

Dan, berikut beberapa cara yang pernah saya lakukan untuk membersihkan sepatu putih.

1. Pernah, Pakai Odol Atau Pasta Gigi

Dalam beberapa referensi, odol atau pasta gigi memang merupakan salah satu bahan yang direkomendasikan untuk membersihkan sepatu putih atau dominan putih.

Cara membersihkan sepatu putih dengan odol
Merk odol yang pernah saya pakai (Sc: Shopee)

Cara membersihkan sepatu putih dengan odol atau pasta gigi pun cukup mudah. Siapkan odol, air, dan sikat lembut. Tuangkan odol secukupnya pada sikat, kemudian bersihkan area sepatunya. Dan, usai disikat dengan odol, jangan lupa untuk dibalas dengan air kemudian dijemur.

Kelemahannya, bila membersihkan dengan odol, maka kita harus melakukan cuci basah atau dengan bilasan air langsung usai dibersihkan dengan odol. Sehingga, sepatu menjadi gampang tipis atau rusak karena sering terkena air bilasan yang cukup deras. Terutama bila kalian tidak memiliki pengering khusus atau vacuum untuk mengeringkannya.

2. Cuci di Laundry Sepatu

Kalau cara kedua ini memang yang paling mudah, tapi juga harus mengeluarkan dana yang lumayan.

Saya sendiri punya langganan laundry sepatu, untuk deep clean dibandrol seharga Rp50 ribu per pasang. Kalau langganan aku di People Shoes.

Bila ingin melakukan cara kedua semasa pandemi, tetap patuh protokol kesehatan, ya!

3. Bersih Kilat dengan Tissue Khusus

Saya juga pernah mencoba membersihkan sepatu dengan tissue khusus sepatu. Cara ini sangat cocok untuk kondisi mendesak tapi butuh sepatu tetap on!

Sayangnya, bila ingin bersih maksimal, akan butuh effort lebih dan banyak sepatu yang digunakan. Ditambah, harga per pack yang juga cukup lumayan. Jadi, bila kotornya sudah terlalu, saya tidak menganjurkan cara ini, ya!

Merk tissue khusus sepatu yang pernah saya pakai adalah Kicks.

4. Pakai Cairan Shoes Cleanser

Kalau yang ini cukup affordable dan lebih aman. Saya memakai cara terakhir ini saat tahu di beberapa laundry sepatu menggunakan cairan khusus. Saya kemudian membeli produk dari Vlakto, untuk Shoes Cleanser dan Shoes Perfume varian Vanilla.

Nah, cara keempat ini sangat mudah tapi memang butuh kesadaran ekstra.

Merk pembersih sepatu ampuh
Shoes Cleanser dan Shoes Perfume Vlakto

Siapkan satu gelas air, sikat, Shoes Cleanser, dan Shoes Perfume. Tak lupa juga lap microfiber, karena saya belum punya akhirnya cukup menggunakan tissue (memang jadi ekstra sih kerjanya).

Caranya, basah sikat lalu beri tetesan Shoes Cleanser. Gosok area sepatu sedikit demi sedikit dan langsung lap, karena kalau terlalu lama dan mengering cairannya, malah jadi tidak bersih. Biarkan kering, dan tinggal semprot parfumnya.

Untuk cara terakhir ini tidak perlu ekstra bahkan melakukan cuci basah bila kotornya memang tidak medok. Akan perlu tambahan so powder bila bagian so sepatu memang sangat parah kotornya.

Hasilnya sangat satisfying! Saya pun senang, karena produk-produk yang saya beli dapat digunakan berkali-kali. Jadi, lebih hemat.

Daaan, tadaa  inilah hasilnya!

Before after untuk bagian depan bersihkan dengan Vlakto
Before after untuk bagian depan
Cara membersihkan sepatu putih dengan Vlakto
Before after untuk bagian samping dan sol
Cara membersihkan sepatu putih bagian sol
Before after untuk bagian sol

Nb: untuk detailnya bisa dizoom, yaaa! Oh, ya untuk bagian atas sepatu milikku ini terbuat dari suede dan berpori, jadi bintik-bintik itu bukan tidak bersih namun pori-porinya. Foto ini anpa edit dan filter, hanya menambahkan teks.

Selamat mencoba! 😉

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.