Resep Rahasia Mie Ayam Abang-Abang
CULINARY

Resep Rahasia Mie Ayam Abang-Abang

Hayoo, siapa sih yang ga pernah makan mie ayam abang-abang? Yang pinggir jalan itu! Yang biasanya rombong atau gerobaknya berwarna biru. Hm, penasaran ga rahasia mie ayam abang-abang apa sih kok bisa enak gitu?

Mie ayam abang-abang menjadi salah satu menu pedagang kaki lima yang saya dan suami suka. Meski belinya di tempat yang berbeda-beda, tapi mayoritas rasa mereka tetap sama. Keren ga, tuh? Nah, kali ini saya berani nih sharing resep rahasia mie ayam abang-abang.

Sudah pernah test drive? Pernah banget dong! Alhamdulillah suamik approved dan mertua approved. Jadi, pede nih buat sharing ke teman-teman pembaca. Langsung simak, yuk!

Rahasia Mie Ayam Abang-abang

Sebelumnya, kita akan membagi komposisi mie ayam abang-abang ini menjad: minyak wangi, topping ayam rempah, kuah kaldu, dan pangsit rebus. Untuk mie saya beli langsung jadi. Dan, sayur, tinggal rebus sawi daging saja. Simple, bukan?

Resep Rahasia Mie Ayam Abang-abang
Resep Rahasia Mie Ayam Abang-abang

Resep Minyak Wangi

Bahan

  • Air
  • 50 gr kulit Ayam (sudah dibersihkan dan dipotong rapi)
  • Minyak goreng
  • 3 siung bawang putih (sudah bersih dan dicincang)

Cara

  1. Rebus kulit ayam dengan air secukupnya, biarkan hingga lemak-lemak ayam mulai keluar
  2. Bila kulit ayam perlahan matang dan lemak yang dikeluarkan cukup banyak dan air mulai menyusut, maka masukkan minyak (perbandingannya 1:1 dengan air yang awal tadi dipakai untuk merebus)
  3. Masukkan bawang putih
  4. Tumis hingga ayam dan bawang putih berwarna kecokelatan
  5. Angkat dan tidak perlu disaring. Karena nanti saat penyajian, kulit ayam dan bawang putih ini tetap diikutkan dengan minyak

Resep Topping Ayam Rempah

Bumbu rahasia mie ayam abang-abang
Tumis ayam rempah mie ayam abang-abang

Bumbu Halus

  • 5 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah
  • 3 biji kemiri
  • 1 cm jahe
  • 1 ruas kunyit
  • 3 sdm minyak goreng

Bumbu Tumis

  • 500 gr ayam fillet (cuci bersih dan potong kecil-kecil)
  • 2 batang serai
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • Garam
  • Gula
  • Penyedap
  • Saus tiram
  • Kecap manis

Cara

  1. Blender bumbu halus
  2. Lalu, tumis bumbu halus 3-4 menit, hingga mulai tercium wangi
  3. Masukkan daun-daunan dan serai, aduk tumisan hingga wangi
  4. Masukkan ayam aduk hingga setengah matang
  5. Bumbui tumisan dengan garam, gula, penyedap, saus tiram, dan kecap manis hingga menemukan rasa yang sesuai selera
  6. Masak hingga matang dan bumbu mulai meresap
  7. Angkat dan sajikan

Resep Pangsit Rebus

Resep Pangsit Rebus
Resep Pangsit Rebus

Bahan

  • 100 gram ayam fillet
  • 100 gram tepung tapioka
  • 1 batang daun bawang
  • 3 siung bawang putih
  • Garam
  • Merica
  • Penyedap
  • Gula
  • Kulit pangsit

Cara

  1. Blender semua bahan sampai halus (kecuali tepung tapioka), beri bumbu (garam, merica, gula, penyedap) secukupnya hingga dirasa pas dan sesuai selera
  2. Pindahkan ke wadah, lalu masukkan tepung tapioka
  3. Aduk hingga tercampur rata
  4. Masukkan adonan ke dalam kulit pangsit hingga habis
  5. Rebus 5-10 menit
  6. Matang dan sajikan

Resep Kuah Kaldu

Bahan

  • Tulang ayam (biasanya kalau beli di pasar dan minta fillet, nah itu tulangnya dapat digunakan)
  • 2 liter air
  • Garam
  • Gula
  • Merica
  • 3 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 1 batang daun bawang (dipotong tipis-tipis)

Cara

  1. Rebus terlebih dahulu tulang ayam, rebusan pertama ini untuk menghilangka darah-darah, meskipun sebelumnya sudah dicuci bersih ya, Bund
  2. Lalu siapkan rebusan kedua dengan rebus air hingga mendidih
  3. Masukkan bawang putih
  4. Masukkan tulang ayam (yang sudah melewati proses rebusan pertama)
  5. Rebus hingga mengeluarkan minyak-minyak ayam, karena itulah kaldu alami yang akan membuat lebih enak
  6. Tambahkan garam, gula, merica hingga rasa sesuai selera
  7. Rebus hingga seluruh bumbu meresap dan rasa mulai pas
  8. Masukkan daun bawang, tunggu hingga agak layu
  9. Matikan kompor dan kuah siap untuk disajikan

Platting

Olahan mie ayam abang-abang
Olahan mie ayam abang-abang
  1. Siapkan mangkok
  2. Masukkan 2-3 minyak wangi
  3. Masukkan mie yang telah direbus
  4. Beri topping sawi, ayam rempah, pangsit rebus, dan gorengan kulit pangsit, serta sambal dan kecap sesuai selera
  5. Siram dengan kuah kaldu
  6. Jangan lupa tambahkan taburan bawang goreng
  7. Mie ayam abang-abang siap untuk dinikmati! ^^

Ada yang ingin dishare juga resep sambalnya? Bisa langsung komen aja, yuk! Selamat mencoba! ^^

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *