Tips Diet Sehat ala Dokter
BEAUTY & HEALTH, FUN REVIEW

Tips Diet Sehat ala Dokter

Bagi kalian yang sedang membaca artikel ini pasti pernah ya melakukan diet? Sudah sampai titik yang seperti apa nih kejenuhan kalian dengan diet? Nah, sudah sebulan ini saya menerapkan diet sehat ala dokter. Penasaran hasilnya?

Diet Sehat ala Dokter

Jadi, setelah saya sakit biduran dan berobat ke dokter SpKK di Sidoarjo, dokter saya juga menyarankan tentang merubah cara diet atau lebih tepatnya pola makan agar menjadi lebih sehat. Tak lain, tujuannya adalah untuk membangun daya tahan tubuh menjadi lebih baik.

Sarapan Buah

Nah ini yang terkadang tertinggalkan. Bangun tidur pagi memang sangat baik dengan banyak meminum air putih. Namun, ternyata ada hal lain juga yang tidak kalah penting. Yakni mengonsumsi buah. Kata dokter, buah apapun boleh. Asalkan mengonsumsinya hanya benar-benar dengan air putih. Jangan ditambah gula, gorengan, atau bahkan makanan berat lainnya. Setelah dua jam, baru boleh makan dengan nasi serta lauk pauk.

Gula tidak bagus untuk tubuh
Sering konsumsi minuman manis tidak baik bagi kesehatan

Kalau saya, air putih saat bangun tidur. Kemudian, saya minum madu dengan air hangat, baru setengah jam berikutnya saya makan buah. Bagi kalian yang memiliki masalah pencernaan dan benar-benar ingin diet, saya anjurkan untuk memilih buah pepaya (nanti saya ulas lebih detil tentang ini yaa! ^^).

Banyak Minum Air Putih

Kalau ini sudah pasti yaa! Meski kita sering berada di dalam ruangan tanpa aktivitas yang berat, sekadar duduk bekerja di kantor, tetap saja jangan sampai kurang minum air putih. Karena meskipun sedang duduk saja, ginjal kita juga masih bekerja sebagaimana mestinya.

Air Dingin (Air Es) Itu Baik

Pernah dengar air es bikin gendut? Itu semua hanyalah mitos! Menurut dokter SpKK saya, justru air es atau air dingin itu bagus. Dengan catatan:

  • Air yang digunakan adalah air matang atau air minum dalam kemasan
  • Tidak ditambahkan gula atau perasa lainnya

Kenapa air es atau air dingin itu bagus? Karena ikatan molekul oksigen di dalam air dingin itu saling berdekatan dan rapat. Hal ini sangat baik dalam membantu metabolisme tubuh. Sama halnya seperti air di pegunungan, lebih dingin dan lebih baik bagi kesehatan.

Manfaat makan sayur mentah
Makan Sayur Mentah dalam Sehari Minimal Satu Kali

Makan Sayur Mentah

Siapa yang tidak suka sayuuur? Harus mulai dirubah, yaa! Karena sayur sangat bagus untuk tubuh. Terutama sayur yang masih mentah, banyak zat dan gizi dari alam yang akan lebih mudah diserap tubuh saat sayur masih mentah. Cukup dicuci sampai bersih saja.

Usahakan minimal, meski hanya selembar selada untuk lalapan bisa kita konsumsi dalam sehari. Berbeda dengan sayur yang sudah matang, ada beberapa nutrisi yang terkadang sudah rusak saat proses pemasakan.

Hasilnya?

Sejak menerapkan pola makan demikian, badan saya terasa lebih enteng, seperti selalu bugar begitu. Perut jadi tidak buncit. Kesehatan juga lebih baik. Dan tidur saya menjadi lebih nyenyak (jarang mengigau). Padahal saya jaraaaang sekali olahraga. Oh ya, saat menstruasi, juga menjadi lebih lancar. Meski sakitnya masih terasa, tetapi tidak sewow biasanya.

Penasaran? Silakan dicoba sendiri ya teman-teman! ^^

Leave a Comment

Your email address will not be published.